RPP Smstr Gnp

RPP 01
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
Satuan Pendidikan
: SMAN 1 Jerowaru
Alokasi Waktu
: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Semester
: 2 (Genap)
Kelas/Jurusan
: X
Tahun Pelajaran
: 2010/2011
Keterampilan    : Mendengar
I.    Standar Kompetensi
8.
Memahami makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative, descriptive, dan news item sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
II.        Kompetensi Dasar
8.1.
Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk descriptive
III.    Indikator
  • Mengidentifikasi topik dari teks yang didengar.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan.
IV.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat mengidentifikasi topik dari teks yang didengar.
  2. Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri dari benda/orang yang dideskripsikan.
V.     Materi Pelajaran
Listening
Materi 1 : monolog singkat  ‘My Favorite Actor’ (Describing Person)
Materi 2 : monolog singkat ‘My Sister’s bag’ (Describing something)
Materi 3 : monolog singkat ‘Jakarta’ (Describing place)

VI.    Metode Pembelajaran
Penugasan individu, Diskusi, Tanya jawab,
VII. Strategi pembelajaran
A.  Pendahuluan
  1. Memberi salam dan menanyakan khabar.
  2. Mengecek kehadiran/mengabsensi siswa
  3. Menginformasikan kompetensi yang ingin dicapai.
B. Kegiatan Inti
Drill 1
  1. Guru memberi tahu siswa tugas yang akan dikerjakan dan cara mengerjakannya.
  2. Siswa mendengar  monolog ‘My Favorite Actor’ (Describing Person
  3. Siswa melengkapi deskripsi monolog tentang ‘My Favorite Actor’
–          Age                 : ………..                                   eyebrows                 : ………..
–          Complexion     : ………..                                hair                          : ………..`
–          height              : ………..
4.   Siswa ditunjuk menyampaikan jawabannya secara lisan..
Drill 2
  1. Guru memberi tahu siswa tugas yang akan dikerjakan dan cara mengerjakannya.
  2. Siswa mendengar  monolog ‘My Sister’s bag’ (Describing something)
  3. Siswa mencatat kata-kata sisfat yang didengar dari monolog
  4. Siswa ditunjuk menulis kata-kata tersebut dipapan tulis.
  5. Siswa diminta menyebutkan kata umum dari kata sifat tersebut. (luxurious: look; expensive : price, etc)

C. Penutup

  1. Siswa mendengar lagu berjudul ‘wonderful tonight’ (by Eric Clipton) .
  2. Guru memberikan apresiasi terhadap partsipasi belajar siswa hari itu.
  3. Guru menugaskan siswa untuk menulis 150 kata sifat bersama artinya. (tugas mandiri tidak tertruktur)
VIII. Sarana dan Sumber Pembelajaran
  • Laptop,  LCD, Speaker
  • Lembar kerja siswa.
IX.   Penilaian
1.  Teknik           :  Penilaian proses
2.  Bentuk          :  lisan/tertulis
3.  Instrument    :  terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah,

 

Drs. H. ISHAK
NIP 19641231 1992031 1 202
Jerowaru,  31 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran
LALU SUKIRMAN, S.Pd
NIP 19721231 199702 1 009

RPP 02
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
Satuan Pendidikan
: SMAN 1 Jerowaru
Alokasi Waktu
: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Semester
: 2 (Genap)
Kelas/Jurusan
: X
Tahun Pelajaran
: 2010/2011
Keterampilan    : Berbicara
I.    Standar Kompetensi
7.
Mengungkapkan makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
II.        Kompetensi Dasar
7.1.
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: memuji, mengucapkan selamat, berterima kasih.
III.    Indikator
  • Menggunakan tindak tutur : memuji, mengucapkan selamat, berterima kasih
  • Merespon tindak tutur : memuji, mengucapkan selamat, berterima kasih
IV.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menggunakan tindak tutur : memuji, mengucapkan selamat, berterima kasih
  2. Siswa dapat merespon tindak tutur : memuji, mengucapkan selamat, berterima kasih
V.     Materi Pelajaran
  • Dialog
  • Ungkapan memuji, mengucapkan selamat, berterima kasih
Giving Compliment
–       I really like your new hair cut.
–       That’s a nice tie.
–       What a beautiful house you have.
–       The hat goes well with your T-shirt
–       You have a good voice.
–       How handsome you’re today
–       Fantastic!
–       Great!
–       Well-done!
–       Super!
Congratulating
–       Congratulation
–       I’d like to congratulate you on your success
Thanking
Response
–       Thanks
–       Many thanks
–       Thanks a lot
–       Thank you ver much
–       I’m very grateful for your help
–       That’s was very nice of you. Thank you
–       That’s OK
–       Forget it
–       Not at all
–       You’re welcome
–       Don’t mention it.
–       It was my pleasure
VI.    Metode Pembelajaran
Penugasan, Dialog, Penjelasan,
VII. Strategi pembelajaran
A.  Pendahuluan
  1. Memberi salam dan menanyakan khabar.
  2. Mengecek kehadiran/mengabsensi siswa
  3. Guru memberikan pujian kepada beberapa siswa tentang penampilan, cara berpakaian,  atau prestasi belajar  mereka secara lisan.
B.  Kegiatan Inti
  1. Siswa dibagikan sebuah dialog.
  2. Siswa diminta melakukan dialog.
  3. Siswa diminta menentukan ungkapan memuji, mengucapkan selamat, berterima kasih pada dialog tersebut.
  4. Siswa diminta menyebutkan ungkapan-ungkapan dimaksud
  5. Siswa diminta menyebutkan ungkapan-ungkapan lain dari tindak tutur memuji, mengucapkan selamat, berterima kasi
  6. Siswa dilatih membaca ungkapan-ungkapan tersebut dengan pengucapan dan intonasi yang tepat
C.  Penutup
  1. Guru memberikan apresiasi/komentar terhadap partsipasi belajar siswa hari itu.
  2. Guru memberikan pengetahuan singkat tentang cross culture understanding kepada siswa.
VIII. Sarana dan Sumber Pembelajaran
  • Speaker, microphone
  • Lembar dialog
  • BSE: Interlanguage: English for Senior High School Students X
IX.   Penilaian
1.  Teknik           :  Penilaian proses
2.  Bentuk          :  lisan
3.  Instrument    :  terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah,

 

 

Drs. H. ISHAK
NIP 19641231 1992031 1 202
Jerowaru,  31 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran

 

 

LALU SUKIRMAN, S.Pd
NIP 19721231 199702 1 009
RPP 03
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
Satuan Pendidikan
: SMAN 1 Jerowaru
Alokasi Waktu
: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Semester
: 2 (Genap)
Kelas/Jurusan
: X
Tahun Pelajaran
: 2010/2011
Keterampilan    : Membaca
I.    Standar Kompetensi
11.
Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
II.        Kompetensi Dasar
11.1.
Merespon makna  dalam teks fungsional pendek (pengumuman) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari
III.    Indikator
  • Mengidentifikasi gambaran umum dari teks yang dibaca
  • Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks yang dibaca
  • Mengidentifikasi makna kata/frase dari teks yang dibaca.
IV.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat mengidentifikasi gambaran umum dari teks yang dibaca
  2. Siswa dapat mengidentifikasi informasi tertentu dari teks yang dibaca
  3. Siswa dapat mengidentifikasi makna kata/frase dari teks yang dibaca.
V.     Materi Pelajaran
Berbagai contoh pengumuman descriptive
Pengumuman 1
Wanted!
US $ 100.000 a very wanted man. An Australian dangerous Helen Clark criminal.
Contact person: Dave 423-99642 or call nearest police station
Pengumuman 2
Wanted Return!
A suitcase lost somewhere in Keruak-Pancor road.
Type : folding, zip up
Size : 20 by 24 inches
Made of : leather
Color : red
Inside : 1 grey suit, 3 skirts, 2, handkerchiefs,  pair of brown shoes size 42, 1  ATM card on name : Mr. Udin
Contact person: Mr. Udin or call: 081997555
VI.    Metode Pembelajaran
Penugasan, diskusi
VII. Strategi pembelajaran
A.  Pendahuluan
  1. Memberi salam dan menanyakan khabar.
  2. Mengecek kehadiran/mengabsensi siswa
  3. Memberikan motivasi belajar kepada siswa
B. Kegiatan Inti
  1. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok
  2. Masing-masing kelompok dibagikan lebar kerja.
  3. Siswa mendiskusikan lembar kerja yang sudah dibagikan.
  4. Guru mengawasi kerja kelompok
  5. Secara bergiliran, kelompok mempresentasikan jawabannya didepan kelas. (dengan teknik setiap anggota diberi tugas: memperkenalkan kelompok, membaca  nyaring, membaca pertanyaannya, membaca jawabannya)
  6. Siswa lain memberi tanggapan terhadap jawaban yang disajikan.

C.  Penutup

1.        Guru memberikan apresiasi/komentar terhadap partsipasi belajar siswa hari itu.
2  .      Siswa diberikan tugas untuk mendeskripsikan barang atau binatang kesayangan mereka.
VIII. Sarana dan Sumber Pembelajaran
  • Worksheet
  • BSE: Interlanguage: English for Senior High School Students X
  • Iklan dari The Jakarta Post, iklan di beberapa web.
IX.   Penilaian
1.  Teknik           :  Penilaian proses
2.  Bentuk          :  tertulis
3.  Instrument    :  terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah,

 

 

Drs. H. ISHAK
NIP 19641231 1992031 1 202
Jerowaru,  31 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran

 

 

LALU SUKIRMAN, S.Pd
NIP 19721231 199702 1 009

RPP 04
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
Satuan Pendidikan
: SMAN 1 Jerowaru
Alokasi Waktu
: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Semester
: 2 (Genap)
Kelas/Jurusan
: X
Tahun Pelajaran
: 2010/2011
Keterampilan    : Berbicara
I.    Standar Kompetensi
10.
Mengungkapkan makna   dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk  narrative, descriptive dan news item   dalam konteks kehidupan sehari-hari
II.        Kompetensi Dasar
10.1.
Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: descriptive
III.    Indikator
  • Menggunakan kalimat simple present dalam mendeskripsikan benda atau orang
  • Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah deskripsi
IV.    Tujuan Pembelajaran
1.  Menggunakan kalimat simple present dalam mendeskripsikan benda atau orang
2.   Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah deskripsi
V.     Materi Pelajaran
Simple Presents: S + V1(s/es)
e.g. – The man is tall
– He looks handsome
VI.    Metode Pembelajaran
Penugasan individu dan kelompok, Diskusi, Tanya jawab,
VII. Strategi pembelajaran
A.  Pendahuluan
  1. Memberi salam dan menanyakan khabar.
  2. Mengecek kehadiran/mengabsensi siswa
  3. Guru mengkonfirmasi tugas yang sudah diberikan kepada siswa.
B.  Kegiatan Inti
  1. Siswa diperlihat dua buah gambar artis.
  2. Siswa diberikan pertanyaan lisan yang mendeskripsikan artis pada gambar tersebut.
e.g. – How is the girl’s hair?
–  How’s her nose? etc.
3.  Guru menuliskan beberapa kata sifat sifat tambahan yang diperlukan dalam mendeskripsikan orang.
4.   Siswa diminta mendeskripsikan teman kelasnya/teman duduknya secara lisan didepan kelas.
5.  Siswa diminta menyimpulkan tenses yang digunakan dalam mendeskripsikan orang.
6.   Siswa diberi penjelasan singkat mengenai penggunaan ‘Simple Pressent’
C.  Penutup
  1. Guru memberikan apresiasi terhadap partsipasi belajar siswa hari itu.
  2. Siswa diberikan tugas untuk mendeskripsikan secara tertulis barang atau binatang kesayangan mereka. (Tugas mandiri tidak terstruktur)
VIII. Sarana dan Sumber Pembelajaran
  • Gambar artis, worksheet
  • English Competencies Kelas X  oleh Achmad Doddy
  • BSE: Interlanguage: English for Senior High School Students X
IX.   Penilaian
1.  Teknik           :  Penilaian proses
2.  Bentuk          :  tertulis
3.  Instrument    :  terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah,

 

 

Drs. H. ISHAK
NIP 19641231 1992031 1 202
Jerowaru,  31 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran

 

 

LALU SUKIRMAN, S.Pd
NIP 19721231 199702 1 009

RPP 05
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
Satuan Pendidikan
: SMAN 1 Jerowaru
Alokasi Waktu
: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Semester
: 2 (Genap)
Kelas/Jurusan
: X
Tahun Pelajaran
: 2010/2011
Keterampilan    : Membaca
I.    Standar Kompetensi
11.
Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
II.        Kompetensi Dasar
11.2.
Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk descrptive.
III.    Indikator
  • Mengidentifikasi gambaran umum dari teks yang dibaca
  • Mengidentifikasi pikiran utama paragraph.
  • Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks yang dibaca.
  • Mengidentifikasi informasi rinci tersurat.
  • Mengidentifikasi makna kata/frase dari teks yang dibaca.
IV.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat mengidentifikasi gambaran umum dari teks yang dibaca
  2. Siswa dapat mengidentifikasi pikiran utama paragraph.
  3. Siswa dapat mengidentifikasi informasi tertentu dari teks yang dibaca.
  4. Siswa dapat mengidentifikasi informasi rinci tersurat.
  5. Siswa dapat mengidentifikasi makna kata/frase dari teks yang dibaca.
V.     Materi Pelajaran
Teks descriptive
“The Rising Stars”
The success of Harry Potter movies has made Daniel Radcliffe, Emma Watson, and Rupert Grint the centre of public attention. The three rising stars have grown up on screen and grown into his or her role as an actor.
Daniel Jacob Radcliffe was born in Fulham, London, 23 July 1989. His nickname is Dan. He is the only child of Alan Radcliffe and Marcia Gresham. Dan has dark brown hair and blue eyes. His height is about 168 cm. He is a loyal, shy, down-to-earth, and humorous person. He is also intelligent and somewhat mysterious. He loves football, Formula One racing and gymnastics.
Emma Charlotte Duerre Watson was born in Paris, France, 15 April 1990. Her nickname is Emma. She is the daughter of Chris Watson and Jacqueline Luesby. She lived in Paris until the age of fi ve before she moved with her mother and younger brother Alexander to Oxford, England. Emma has wavy brown hair. Her height is 165 cm. She is a generous, friendly, and determined person. She also said that she is a little bit stubborn. Emma loves dancing, singing, tennis and art.
Rupert Alexander Grint was born in Hertfordshire, England, 24 August, 1988. His nickname is Rupert. He is the oldest son of       Nigel Grint and Jo Parsons. Rupert has bright red hair. His height is 180 cm. He is an active and humorous person. He’s also very humble. However, he is the shyest of the three Harry Potter co-stars. Rupert is arachnophobic. It means that he is afraid of spiders. He likes all kinds of music, but his favourite is classic rock and roll. His favourite school subject is Chemistry.
These Hogwarts trio have been really good friends, not only on screen but also in real life. Their secret of friendship is that they always understand each other although they have different backgrounds and personalities.
VI.    Metode Pembelajaran
Penugasan, diskusi
VII. Strategi pembelajaran
A.  Pendahuluan
  1. Memberi salam dan menanyakan khabar.
  2. Mengecek kehadiran/mengabsensi siswa
  3. Guru memberikan motivasi.
B. Kegiatan Inti
  1. Siswa dibagikan lembar kerja.
  2. Siswa  mendiskusikan lembar kerja yang diberikan
  3. Guru mengawasi kerja kelompok
  4. Siswa melakukan pemeriksaan hasi kerja secara silang antar kelompok.
C.  Penutup
  1. Guru memberikan apresiasi terhadap partsipasi belajar siswa hari itu.
  2. Siswa diberi tugas untuk menulis synonym dan antonym dari beberapa kata sifat.
VIII. Sarana dan Sumber Pembelajaran
  • Worksheet
  • BSE: Interlanguage: English for Senior High School Students X
IX.   Penilaian
1.  Teknik           :  Penilaian proses
2.  Bentuk          :  tertulis
3.  Instrument    :  terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah,

 

 

Drs. H. ISHAK
NIP 19641231 1992031 1 202
Jerowaru,  31 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran

 

 

LALU SUKIRMAN, S.Pd
NIP 19721231 199702 1 009

RPP 06
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
Satuan Pendidikan
: SMAN 1 Jerowaru
Alokasi Waktu
: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Semester
: 2 (Genap)
Kelas/Jurusan
: X
Tahun Pelajaran
: 2010/2011
Keterampilan    : Membaca
I.    Standar Kompetensi
11.
Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
II.        Kompetensi Dasar
11.2.
Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk descrptive.
III.    Indikator
  • Mengidentifikasi gambaran umum dari teks yang dibaca
  • Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks yang dibaca.
  • Mengidentifikasi informasi rinci tersurat.
  • mengidentifikasi makna kata/frase dari teks yang dibaca
IV.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat mengidentifikasi gambaran umum dari teks yang dibaca
  2. Siswa dapat mengidentifikasi informasi tertentu dari teks yang dibaca.
  3. Siswa dapat mengidentifikasi informasi rinci tersurat.
  4. Siswa dapat mengidentifikasi makna kata/frase dari teks yang dibaca.
V.     Materi Pelajaran
Teks descriptive  tentang daerah wisata di Lombok Timur
EAST LOMBOK
East Lombok is lush and less developed than the western part of the island, allowing you to peek into a rural part of Indonesia. Inhabited by the indigenous Sasak people, who keep their culture very much alive.
Local income of the locals are from Agriculture, Fishery and TOBACCO plantation. The International Tobacco Importer of British American Tobacco (BAT) and Phillip Morris (PM) has found Lombok grows the best quality of Virginia Tobacco and therefore they made a huge investment in funding local farmers.
Sembalun Lawang
Situated on the cool eastern slopes of Mt. Rinjani like a lost secret mountain hideaway, Sembalun Lawang which resides in the remains of a huge caldera, offers impressive views of the awesome mountain. Rinjani from Sembalun Lawang appears so close, you could touch it. From here the climb to the top of mount Rinjani is a lot closer.
Loyok Central Handicraft
Not far from Kota Raja, Loyok and its surrounding area, is famous for the bamboo crafts that it produces. Many local designs are created by skilled craftsmen working studiously each day on an amazing array of products.
Otak Kokok Gading & Jeruk Manis Waterfall
Located forty kilometres east of Mataram, this area is famous for its waterfall, whose water is believed to cure all diseases if the afflicted bathes in its pools.  Jeruk Manis Waterfall lies in lush natural forest. Local people call this impressive fall ‘Aik Temer’, because they believe its waters are able to cure baldness.
Tete Batu
Located further north along the road from Loyok, Tete Batu village is situated on the slopes of Mt. Rinjani, Lombok’s highest mountain. The views of this awesome giant are breathtaking; a bathe in the local water is also breathtaking as it is very cold! Treks in the Rinjani foothills are a popular activity for those visiting Tetebatu.
Kaliantan
Upon Kaliantan’s white expanse of sand, the Bau Nyale festival is held yearly at the same time as it celebrated in Kuta South Lombok.
Senanti
Senanti’s renown as wood carves village where they use a traditional methods passed down through the generations.
Lemor
The dense forest which covers Lemor and its surrounding areas is an ideal place to escape the heat of the day. This lush place also boast a pool for swimming and various springs.
Suradadi
Suradadi villagers use their traditional skills to make handicraft items from lontar and palm leaves. Experienced craftsmen and women create boxes, mats, bags, wallets and other attractive products in this industrious village.
Gili Lampu, Gili Sulat, Gili Lawang
These three islets lie off the coast of North-East Lombok. The sea around these white sandy jewels are home to an amazing array of colourful marine life, making it and ideal place to swim and snorkel. These beautiful islets can be reached by boat from Labuhan Lombok.
Grave of Selaparang
Its a sacred grave of Selaparang King. This grave is located at Presak village, Pringgabaya. Its about sixty five kilometres from Mataram.
VI.    Metode Pembelajaran
Penugasan, diskusi
VII. Strategi pembelajaran
A.  Pendahuluan
  1. Memberi salam dan menanyakan khabar.
  2. Mengecek kehadiran/mengabsensi siswa
  3. Guru mengecek PR siswa.
B. Kegiatan Inti
  1. Guru membagikan teks desriptive tentang daerah wisata di Lombok Timur
  2. Guru menunjuk siswa untuk membaca nyaring masing-masing satu daerah wisata secara bergantian
  3. Siswa secara berkelompok membuat sepuluh  pertanyaan tentang teks deskriptive tersebut
  4. Guru mengawasi kerja kelompok
  5. Siswa melakukan pemeriksaan hasi kerja secara silang antar kelompok.
  6. Kelompok saling menukar pertanyaan yang sudah dibuat untuk dijawab.
C.  Penutup
  1. Guru memberikan apresiasi terhadap partsipasi belajar siswa hari itu.
  2. Siswa diberi tugas rumah untuk mengumpulkan brosur-brosur berbahasa Inggris. (Tugas mandiri tidak terstruktur)
VIII. Sarana dan Sumber Pembelajaran
  • Worksheet
  • BSE: Interlanguage: English for Senior High School Students X
IX.   Penilaian
1.  Teknik           :  Penilaian proses
2.  Bentuk          :  tertulis
3.  Instrument    :  terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah,

 

 

Drs. H. ISHAK
NIP 19641231 1992031 1 202
Jerowaru,  31 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran

 

 

LALU SUKIRMAN, S.Pd
NIP 19721231 199702 1 009

RPP 07
(RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN)
Satuan Pendidikan
: SMAN 1 Jerowaru
Alokasi Waktu
: 2 x 45 menit
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Semester
: 2 (Genap)
Kelas/Jurusan
: X
Tahun Pelajaran
: 2010/2011
Keterampilan    : Menulis
I.    Standar Kompetensi
12.
Mengungkapkan makna   dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari
II.  Kompetensi Dasar
12.2.
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks  descriptive
III.    Indikator
  • Menggunakan kata depan (preposition) dalam mendeskripsikan sesuatu.
  • Menghasilkan teks berbentuk descriptive
IV.    Tujuan Pembelajaran
  1. Siswa dapat menggunakan kata depan (preposition) dalam mendeskripsikan sesuatu.
  2. Siswa dapat menghasilkan teks berbentuk descriptive

V.     Materi Pelajaran

Preposition
e.g.
In, on ,at, infront of, behind, under, near, below, beneath, across, besides
VI.    Metode Pembelajaran
Penugasan, diskusi
VII. Strategi pembelajaran
A.  Pendahuluan
  1. Memberi salam dan menanyakan khabar.
  2. Mengecek kehadiran/mengabsensi siswa
  3. Siswa ditanyai mengenai penyelesaian tugas yang sudah diberikan
B. Kegiatan Inti
  1. Guru menggambar letak sesuatu dipapan tulis.
  2. Siswa diminta mendeskripsikan letak benda tersebut.
  3. Guru mengubah letak benda tersebut.
  4. Siswa lain diminta mendeskripsikan letak benda tersebut.
  5. Siswa diminta mendiskripsikan sarana dan prasarana yang ada disekolah secara tertulis.
  6. Guru menyerahkan hasil tulisannya..
C.  Penutup
  1. Siswa diminta menyampaikan komentar/pertanyaan tentang tugas dimaksud
  2. Guru memberikan memberikan tanggapan
  3. BSE: Interlanguage: English for Senior High School Students X, BSE: Developing English Competencies Kelas X  oleh Achmad Doddy
VIII. Sarana dan Sumber Pembelajaran
IX.   Penilaian
1.  Teknik           :  Penilaian proses
2.  Bentuk          :  tertulis
3.  Instrument    :  terlampir
Mengetahui
Kepala Sekolah,

 

 

Drs. H. ISHAK
NIP 19641231 1992031 1 202
Jerowaru,  31 Januari 2011
Guru Mata Pelajaran

 

 

LALU SUKIRMAN, S.Pd
NIP 19721231 199702 1 009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s